Popular Post

Posted by : Unknown Mar 3, 2012


Belajar bikin blog

belajar-bikin-blogPastinya anda sudah pernah tahu kan apa itu blog?. Tapi apa anda juga sudah tahu manfaat yang sebenarnya dari sebuah blog, jenis blog apa yang bagus dan bagaimana cara membuatnya?, lalu apakah anda juga sudah membuat blog? :-) ..
Belajar bikin blog sebenarnya merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Kenapa menyenagkan?, Karena anda akan tahu setelah membaca kalimat – kalimat dibawah ini :
  • Belajar bikin blog bisa mengembangkan segala hal yang kita miliki. Ya, karena melalui blog kita bisa unjuk gigi tanpa dibatasi oleh siapapun dengan tulisan – tulisan yang kita muat didalam blog tersebut.
  • Blog bisa digunakan untuk ajang kepopuleran. Yapp, siapa yang suka narsis bisa bikin blog untuk mempopulerkan dirinya sendiri bak artis :-) .
  • Blog bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang. Banyak jalan untuk memperoleh rejeki melalui internet, salah satunya ya dengan membuat blog. Dan banyak sekali program – program di internet yang menawarkan penghasilan dari kegiatan ngeblog. Semua itu merupakan fakta dan sudah banyak buktinya, asalkan kita tahu caranya.
  • Blog merupakan salah satu media informasi online tercepat. Hanya dengan mengetikkan sebuah kata pada search engine ( ex : google.com ), dalam beberapa detik kita langsung disuguhi dengan berbagai informasi yang berkaitan dengan kata yang kita ketikkan tersebut. Nah, kebanyakan yang muncul di search engine tadi merupakan jenis dari blog.
Sebenarnya masih banyak lagi manfaat belajar bikin blog yang lain, tapi kalo saya tulis semua satu – satu akan terasa membosankan, karena artikelnya bisa kepanjangan :-) . Yang belum bikin blog ayo segera bikin, jangan sampai ketinggalan jaman bro :-) !.
Cara bikin blog
Dengan semakin berkambangnya dunia IT, membuat sebuah website tidak lagi hanya bisa dibuat oleh seorang programmer senior. Membuat sebuah website menggunakan blog bahkan bisa dikerjakan oleh anak SMP. Ya, segitu gampangnya cara bikin blog asalkan ada kemauan belajar.
Tapi mentang – mentang gampang jangan hanya asal bikin blog saja, jika ingin membangun blog dengan tujuan yang serius. Ingin membuat blog anda berpenghasilan 1000 USD per bulan misalnya. Kalau cuma asal – asalan membangun blog, ini tidak mungkin akan tercapai. Ok, untuk membangun blog dengan serius dan benar, kita harus mengenali dulu jenis – jenis blog supaya bisa memilih mana yang terbaik.
Jenis blog menurut pandangan saya :
1. Blog Tanpa Hosting
Untuk membuat blog jenis ini sangat gampang, semudah kita membuat akun email dan gratis. Blog ini cocok untuk belajar, have fun , iseng – iseng dan strategi membangun jaringan marketing online. Tapi jangan mengharapkan manfaat yang maksimal dari jenis blog ini. Contoh : blogspot.com, wordpress.com.
2. Blog dengan hosting gratis
Pembuatannya agak sedikit rumit tapi sangat cocok untuk belajar bikin blog yang lebih serius. Cara pembuatnnya pertama kita harus mencari hosting gratis dan domain gratis untuk bisa melakukan penginstlan blog. Kemudian download platform blog dari wordpress.org, unzip dan upload file blog tersebut menggunakan ftp uploader ke server hosting. Saran saya jangan menggunakan jenis blog ini jika ingin serius membangun blog anda. Baca cara membuat blog gratis disini!
3. Blog dengan hosting berbayar
Jenis blog ini sangat direkomendasikan untuk keperluan yang lebih serius dalam memanfaatkan blog. Meskipun perlu biaya untuk membeli domain dan hosting sendiri, tetapi nilai investasi ini tidak akan ada artinya jika kelak blog yang kita bangun bisa sukses sesuai tujuan yang kita impikan. Untuk sewa hosting dan membeli domain selama setahun kurang lebih sekitar 250 rb. Modal yang tentunya sangat kecil jika dibandingkan dengan modal untuk membuka usaha secara offline. Dan lagi jika kita serius belajar dan praktek. gak sampai sebulan kok uang segitu bisa kita peroleh lagi lewat kegiatan blog. Dengan catatan mengetahui cara – cara yang benar dan mau action!.
Platform blog jenis ini, bisa didapatkan gratis dari wordpress.org.
Mau pilih mana?, Kembali lagi kepada tujuan dan kondisi masing – masing kita dalam membuat blog. Tapi jangan menyia – nyiakan waktu dan tenaga anda hanya untuk membuat blog gratis kalau memang anda mengharapkan hasil yang maksimal dari blog anda. Artinya apa?, pilih blog dengan hosting berbayar lebih OK :-) .
Jika mau bikin blog dengan serius, download panduan gratis cara bikin blog!

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Ardyanta 99 - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -